Salah satu cara momong anak sekaligus mengerjakan pekerjaan rumah adalah dengan mengajaknya ikut berpartisipasi.Tentu dalam hal ini jangan terllau berharap, karena nanyi harapan yang akan mematahkan hatimu, hiya hiya. Yaaaah anak dibawah usia 5 tahun mana bisa Bu nyapu sampai bawah kolong, atau nyuci baju, jadi dibuat santai saja. Meski kadang malah kayak nambahin kerjaan kita namun melibatkan anak nantinya akan membuat dia mandiri, mengajarinya melakukan pekerjaan rumah akan membuat dia lebih bertanggung jawab. Nggak mau kan anaknya kelak udah 20 tahun, harus kuliah di luar kota eh nyapu kamar aja nggak bisa? 

Nah biasanya aku kasih Keira tugas yang gampang-gampang aja dan nggak berbahaya. Kan ya nggak mungkin toh kita minta anak kita nggoreng ikan, wong aku aja suka takut kejedhotan minyak kok kalau goreng ikan. Percayalah, ketika kita kasih dia tugas dia jadi merasa "penting" dan akhirnya jadi nggak begitu rewel, lalu akhirnya kita bisa ngebut dengan kecepatan cahaya untuk melakukan pekerjaan lain. Beberapa hal yang sering aku kerjakan bareng Keira adalah :

1. Menyapu
Apa bersih kalau anak yang menyapu? tentu tidak bundaaaaaa~ tapi setidaknya dia jadi lebih bertanggung jawab ketika hendak mengotori rumah karena tahu susahnya membersihkan rumah. Biasanya kalau Keira menyapu, nanti diam diam aku ulangi lagi. Tapi usahakan bagian mengulangi ini nggak kelihatan sama si anak ya, kasian nanti dia kecewa.

2. Mencuci Piring
Keira sudah bisa lah sekarang kalau sekedar mencuci piring dan gelasnya, tapi tentu yang kupercayakan masih gelas plastik atau melamin ya. Walau pasti ketika dia mencuci piring, sabunnya kemana mana, bajunya basah semua tapi ya itulah namanya belajar kan? usahakan mendampingi anak ketika belajar mencuci piring ya dan beri contoh bagaimana melakukannya dengan benar.

3. Mencuci Baju
Hah? mencuci baju?? yess! tapi paling banter Keira ngucekin kaos dalamnya dia atau kaos kakinya dia, lalu habis itu asyik main busa detergen sampai ibunya ngomel-ngomel. Habis itu dia asik mainan air dan ketika tiba waktunya menjemur baru ikut menjemur dengan... posisi baju ditumpuk-tumpuk! Tapi ya.. daripada dia asik mainan gadget aku lebih milih ngajakin dia nyuci baju. Walau tentunya nggak setiap hari dia mau diajakin nyuci baju, kalah aku sama pesona upin dan ipin.

4.Berkebun
Ini acara favoritku sih karena selain ngajarin Keira tentang menyiram tanaman, di kebun tuh banyak banget hal yang bisa dipelajari. Misalnya soal mengapa tanaman harus disiram, belajar tentang bagian-bagian tanaman, belajar cara menanam tanaman, belajar soal beberapa hewan dan serangga yang kebetulan ada seperti : belalang, kupu-kupu, kumbang, semut, ulat, capung, dll. Tentu saja acar berkebun ini cuma dilakukan kalau dia belum mandi dan ketika dia nggak pakai baju putih, karena tanahnya bisa nempel di baju, tangan, muka, kaki! Hehehehe

5. Beresin Tempat tidur. 
Saat bangun tidur ajak anak membantu merapikan tempat tidur. Sementara kita melipat selimut, anak bisa menata bantal dan guling misalnya. Hal ini akan melatih si kecil untuk terbiasa menjaga kerapian kamarnya kelak, sangat berguna ketika dia besar nanti.
6. Memasak
Untuk perkara memasak tentu saja kita tidak bisa memberikan tugas yang berbahaya seperti menggoreng atau memotong dengan pisau yang tajam. Anak bisa kita minta untuk mengupas jagung, memetik daun bayam atau mengaduk adonan tepung dan telur. Kadang ajak dia memasak makanan sederhana seperti membuat agar-agar atau membuat jus. Biasanya anak akan suka bermain main di dapur, well terutama anak perempuan sih ya.

7. Melipat baju dan Memasukkannya ke Lemari
Jujur Keira cuma bisa melipat underwear doang, tapi dia mulai mau memasukan baju ke lemari sesuai kelompoknya. Rapi? tentu tidaaak... tapi mari kita hargai usahanya. Kadang kalau aku jatahnya nyterika baju, Keira juga yang tugasnya ngebalikin baju. Bisa? tentu saja 1 baju luamane puoool. Tapi yah itu namanya proses belajar kan, kelak juga bakal bisa sendiri.

Banyak hal lain yang bisa dilakukan bareng anak, mencuci mobil misalnya. Yang penting sebagai orang tua kita ingat kalau dia masih anak kecil yang belajar, jadi nggak usah ngarep bakalan rapi, bersih dan bagus kayak kerjaan kita. Kita sebagai orangtua kadang harapannya terlalu muluk muluk jadi kalau si anak nggak sesuai harapan, kritikan kita jadi sepedas sambal bu Rudi. Lupalah kita kalau dia masih anak kecil. Segala hal butuh proses, dan kadang yang terpenting bukan hasil akhirnya namun proses yang kita jalani.

Selamat bermain bersama si kecil!


Olay Regenerist Micro Sculpting Serum


Akhirnya setelah sebulan memakai serum ini, aku akan bikin reviewnya! Jadi awal beli serum ini 100% iseng karena di Shopee baru diskon 50% dan kebetulan serumku habis. So why not? belinya bundling sama night cream tapi ntar aku bahas sendiri aja ya night creamnya. Pertama aku agak skeptis juga sama produk drugstore macam ini, ngefek nggak ya..ngefek nggak ya.. tapi toh akhirnya kucoba juga. Hiya hiya!

Menurut website olay,  Olay Regenerist Micro-Sclupting Serum terdiri dari Amino - peptide Complex yang dapat membantu meremajakan sel-sel pada permukaan kulit. Selain itu juga mengandung ekstrak minyak Olive sehingga membantu meresap lebih cepat ke dalam 10 lapisan kulit wajah. Kandungan Hydra-Firming Complex pun membantu mempertahankan tampilan muda terhadap kulit. Serum wajah Olay ini  juga dapat menyerap ke dalam kulit wajah secara cepat, sehingga dapat mengelupas dan menghaluskan untuk mengembalikan tekstur kulit semula. Mengurangi garis-garis halus serta kerutan pada wajah dengan menggunakan pelembap, menghidrasi kulit agar lebih kenyal serta menyiapkan kulit untuk menghadapi perawatan sehari-hari.

 Jadi sudah siap baca reviewnya?

Packaging
Botol pump yang bisa dikunci

Hadir dalam kemasan botol pump dengan perpaduan warna merah dan silver  yang modelnya bisa dikunci, kemasan Olay Regenerist Micro Sclupting Serum ini sangat travel firendly. Selain karena ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga mudah dibawa-bawa, tutup yang bisa di kunci bikin hati ayem karena produk nggak bakal tumpah karena tidak sengaja kepencet. Botol pump begini juga membuat produk lebih terjaga kebersihannya, beda dengan tempat jar yang harus kita colak-colek. 

Ingredients
Water (Nước), Cyclopentasiloxane, Glycerin, Niacinamide, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Dimethicone, Dimethicone Crosspolymer, Panthenol, Polyethylene, Polyacrylamide, Titanium Dioxide, Tocopheryl Acetate, C13-14 Isoparaffin, Mica, DMDM Hydantoin, Allantoin, Laureth-4, Dimethiconol, Laureth-7, Butylene Glycol, Carnosine, Sodium Hyaluronate, Sodium PEG-7 Olive Oil Carboxylate, BHT, Disodium EDTA, PEG-100 Stearate, Peucedanum Graveolens (Dill) Extract, Fragrance (Chất tạo hương),Citric Acid, Benzyl alcohol, Camellia Sinensis Leaf Extract, Iodopropynyl Butylcarbamate, Butylphenyl Methylpropional, Linalool, Benzyl Salicylate, Hexyl Cinnamal, Xanthan Gum, Limonene, Citronellol, Alpha-Isomethyl Ionone, Palmitoyl Pentapeptide-4.

Tekstur
Tekstur sebelum diratakan

Setelah diratakan

Menurutku teksturnya sedikit lebih kental dibanding serum kebanyakan dengan warna putih berkilauan (berasa ada gliternya gituuu) tapi ketika di swatch ada warna pinknya sedikiit. Ketika di aplikasikan ke wajah terasa sedikit greasy di awal pemakaian, namun sesuai janjinya serum ini termasuk cepat meresap dan tak ada kesan berkilauan lagi di wajah. 

Cara dan Waktu Pemakaian
Di kemasan tertulis serum ini bisa dipakai pagi dan malam hari, aku biasanya hanya pakai di malam hari sekitar 1-2 pump untuk seluruh wajah dan leher. 

Performa
Beberapa saat lalu aku sempat berlibur ke Jogja, gara-gara Keira sakit aku extend di Jogja sampai 2 mingguan. Nah selama di sana aku memakai serum ini pagi dan malam, wajahku beneran membaik teksturnya, lebih lembab dan cerah. Sejujurnya aku kurang yakin apakah kulit wajahku yang cerah itu akibat dari Serum Olay ini, Avoskin hydrating Treatment Essence atau Night Cream Olay karena ketiga produk tersebut mengandung Niacinamide dan kebetulan produk tersebut baru masuk sebulanan di skincare regimeku. Nah untuk perkara kerutan, sejujurnya nggak ada dampak signifikan ya, bebetrapa bagian kulitku masih ada kerutan halusnya.

Meski begitu, aku cukup puas karena serum ini memberikan dampak. Sebab selain lebih mudah di dapat, product drugstore cenderung sudah terjamin BPOM. Yah.. kalau yang terjangkau, mudah didapat dan ngefek saja ada kenapa pakai yang belum jelas kan yaaa?

REPURCHASE? YES. 




Sudah menjelang akhir januari, gimana kabar resolusi?

Resolusi biasanya mulai dibuat jelang awal tahun, daftar hal-hal yang ingin dicapai di tahun itu entah iyu yang berhubungan dengan hubungan percintaan, goals hidup sehat, cuan lyfe atau mimpi-mimpi yang lain. Ada beberapa orang yang membuat resolusi hanya karena semuanya sedang membuat resolusi, lalu setelahnya resolusi itu hanya tergeletak berdebu dan usang di pojok ruangan. Baru 
'dipungut" saat akhir tahun menjelang untuk diperbaharui. Beberapa orang yang lain membuat resolusi lalu membreak downnya menjadi rencana-rencana riil yang mulai diterapkan dalam hidupnya, di akhir tahun dia menatap resolusi yang ia buat saat awal tahun dan mengevaluasi : mana yang sudah tercapai, mana yang belum. 

Sebagai orang yang suka sekali menulis journal dan membuat planning, resolusi adalah hal wajib yang pasti aku buat saat awal tahun. Meski kenyataannya, ketika evaluasi akhir tahun kadang tak sampai 100% yang tercapai... yanh setidaknya sudah ada usaha ya kaaaaan :p Dulu sebelum paham triknya resolusiku selalu muluuuk-muluk, tapi nggak bikin strategi gimana cara menggapai resolusi tersebut. Makanya banyak yang gagal, tapi setelah tahu triknya ya lumayanlah ya bisa sedikit lebih terarah. Sebagai contoh gimana aku bikin resolusi nanti aku tulis beberapa resolusi 2020 yang aku buat ya, meski nggak semua bakal aku share di sini. Intinya sih buat resolusi - tentukan metrik pengukur kesukesan -  breakdown jadi planning- breakdown lagi jadi baby step yang bisa kita mulai lakukan tiap hari.

1. Hidup Sehat

Aku punya beberapa masalah kesehatan di 2019, makanya 2020 pengen banget hidup lebih sehat. Terutama jaga pola makan karena 2019 beneran deh pola makanku itu awut-awutan banget, meski sebenarnya banyakan makanan sehat karena aku masak sendiri tapi... cemilannya itu lho. Terus di tempat baru ini aku belum nemu kelas Yoga/Pilates makanya setaun kebelakang olahraganya beneran cuma kalau pengen aja, nggak pernahs engaja di sempetin gitu. Akhirnya? gampang banget pilek, sering sakit kepala, mudah lelah, kalau soal berat badan sih sejak setelah menyusui angka timbanganku stuck di 53kg. Nah parameter kesuksesan hidup sehatku adalah hasil pemeriksaan lab yang semua normal dan lingkar tubuh mengecil (karena banyakan masa otot daripada masa lemak). Sedangkan beberapa hal yang aku lakukan untuk mencapai hidup sehat ini adalah :

- Mengurangi jajan minuman manis macam Boba, es kopi kekinian yang manis, Chatime dan sejenisnya hingga akhirnya nanti bisa nggak sama sekali.
- Tidak minum minuman kemasan kecuali susu dan air putih.
- Makan sayur dan buah setiap hari.
- Mengurangi makanan yang digoreng
- Olahraga 6 x dalam seminggu minimal 10 menit/sesi.
- Tidur 8 jam perhari.

2. Literasi meningkat

Di tahun 2019 aku cuma baca 6 buah buku.
6 BUAH BUKU!

Padahal ya sebagai ibu yang pasti bakal ditanya tanya sama anaknya, yang harus jadi guru di rumah buat anak, kadang ditodong dongeng sebelum tidur, membaca itu semestinya tidak bisa ditawar. Kupikir-pikir penyebab awal kemalasanku baca tahun lalu adalah karena aku memulai tahun dengan baca buku financial yang super berat. Akhirnya jadi terbawa maleeeeesss baca semua buku. Shock juga waktu baca catatan Goodreads aku cuma baca buku 6 biji doang, dan setelah direnungkan ya memang aku cuma baca itu doang. Aku mentargetkan dalam setahun aku baca 24 buku, yanga rtinya 2 buku perbulan. Berusaha membaca satu bab tiap hari atau minimal membaca selama 30 menit setiap harinya. Sejujurnya kadang susah siih... tapi demi yaaaa kasian kalau otaknya nggak buat belajar.

3. Pengembangan Diri

Sejak resign aku sama sekali belum pernah ikut workshop atau pelatihan apa gitu, ya gimana ya tanpa ART begini anaknya suka susah ditinggal. Tapi tahun ini aku berjanji untuk minimal ikut satu workshop baik itu online/offline. Selain itu aku juga berusaha menekuni meditasi kembali dan memperdalam pengetahuan agama. Yah.. meski hanya beberapa jam setiap harinya tapi semoga saja berpengaruh pada pengembangan diri ya kan.

Itu sih beberapa resolusi yang aku buat tahun ini, semua resolusi harus memiliki target yang jelas  dan rencana supaya jalannya nggak ngawang-awang tanpa tahu arah tujuan. Semoga resolusi kita bisa berjalan sesuai keinginan dan semoga tahun ini cuan melimpah ruah ya!


Photo by Ivone De Melo from Pexels

Setelah melahirkan salah satu problematika ibu baru adalah perkara tidur. Beberapa bayi belum mengenal konsep pagi-malam sehingga kadang ada bayi yang aktif saat malam hari, rewel saat malam dan tidur sepanjang siang padahal ibu sangat butuh istirahat saat malam. Memang bayi baru lahir masih lebih banyak tidurnya daripada bangunya namun kalau semalaman ngajak main atau rewel ya... capek juga ya lama-lama. Akhirnya kadang ibu merasa dirinya seperti zombieeee~ dan memiliki mata panda karena kurang tidur.  Ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk membuat bayi tidur nyenyak saat malam sehingga ibu bisa ikut "sedikit" beristirahat. Meskipun tentu saja jangan mengharap bisa tidur bablas dari jam 9 malam bangun jam 6 pagi ya, sebab bayi teteap butuh menyusu setiap 2-3 jam sekali. Sehingga ibu tetap perlu sesekali bangun untuk menyusui atau mengganti popok, namun usahakan jangan menyusui sambil tiduran dulu ya karena si minggu awal ibu masih mudah mengantuk. Ketidurran saat menyusui bisa berakibat fatal jika bayi hidungnya sampai tertutup payudara.

Nah cara ini sudah pernah aku praktekan dan terbukti berhasil membuat Keira tidur nyenyak saat malam, seingatku adptasi waktu tidurnya cuma butuh waktu seminggu saja. Nah semoga kamu juga bisa mempraktekannya di rumah ya!

1. Kenalkan konsep pagi-malam, terang - gelap.
Diatas pukul 18.00 atau ketika hari sudah mulai gelap usahakan bayi sudah masuk kamar. Kemudian redupkan lampu (boleh dimatikan/ganti lampu tidur yang beneran redup). Beritahu anak, ini sudah malam dan saat malam semua tidur. Ibu bisa menyebutkan contoh misalnya " Ini sudah malam, kalau malam ibu tidur, kamu tidur, ayah tidur, ayam tidur, sapi tidur, dst". Memang kesannya aneh ngobrol sama bayi baru lahir, tapi percayalah bayi itu pintar. Dia akan mengerti dan memahami apa yang kita ucapkan dengan caranya. 

Lalu saat siang, usahakan membuat kamar atau ruangan menjadi terang. Ajak bermain bayi ketika dia menyusu atau bangun, afirmasi juga " Ini siang ya.. kalau siang kita main ya." Jika dilakukan berulang-ulang biasanya anak lama kelamaan akan mengerti dan tidur lebih banyak saat malam dibanding saat siang.

2. Ciptakan kondisi yang nyaman untuk tidur.
Selain meredupkan lampu kamar, kita juga bisa memutar musik klasik atau white noise (suara seperti dengung AC, hujan, yang cenderung membuat pikiran relaks) sehingga bayi merasa nyaman. Bila perlu ibu juga bisa mendiffuse lavender oil yang memang baik untu kualitas tidur.  Ibu bisa membedong bayi supaya nyaman dan hangat, mengayun-ayun bayi dan yang terpenting hindari kontak mata dengan bayi. Kontak mata dengan bayi akan membuat bayi merasa sedang diajak berkomunikasi dan ini akan membuat bayi tidak mengantuk. 

3. Waktu tidur yang sama setiap hari.
Ciptakan kebiasaan dengan mengajak bayi tidur pada waktu yang sama setiap harinya. Bayi baru lahir memang cenderung tidur sepanjang hari, namun menjelang usia 3 bulan bayi akan mulai memiliki jadwal tidur. Nah sebaiknay sedari kecil mulai kita biasakan dia tidur malam di jam yang sama setiap harinya, ini akan memudahkan kita ketika dia semakin besar nanti. Tanpa jadwal tidur yang baik, naka bisa saja terlalu lam tidur saat siang dan bangun saat malam hari. 

4. Sabar
Sabaaaar ya bu ibuuuk! Percayalah segala sesuatunya akan terlewati dan butuh proses yang kadang memang butuh waktu tajk sebentar. Bayi kita perlu adaptasi dengan lingkungan dan kita juga perlu beradaptasi dengan perubahan keadaan yang terjadi. Ingat mie instan aja butuh waktu untuk membuatnya kan.. Minta suami untuk membantu jika ibu merasa lelah, usahakan saat siang tidur jika bayi sedang tidur. Sabar dan tetap berusaha mencoba tips diatas ya. 

Semoga tips kali ini bermanfaat untuk ibu ibu yang anaknya sulit tidur saat malam, semoga semua sehat selalu yaa!