Review Exfoliating Toner Lokal : Wardah White Secret Exfoliating Lotion


Wardah White Secret Exfoliating Toner

Hai hai apa kabar? I miss you. Iya, Kamu yang suka baca blog aku. Ahey!

Kali ini aku mau cerita soal exfoliating toner lokal, sebelumnya aku sudah pernah bahas soal macam-macam toner di sini. Jadi semenjak menerapkan double toning, aku mulai rajin cari-cari exfoliating toner lokal. Alasannya? Selain supaya hemat dan meningkatkan rasa cinta tanah air *ciyeeeeh~* , produk lokal cenderung mudah di dapat. Apalagi semenjak ada kasus red line yang bikin segala barang dari luar negeri ketahan di bea cukai, cari produk lokal adalah salah satu opsi wajib supaya skincare jalan terus tanpa takut skincarenya dilarang edar di Indonesia. Toner itu bagiku sama kayak cleanser, makenya tiap hari dan boros! Pakai produk lokal bikin gampang cari lagi kalo habis dan nggak nyesek kalo makenya boros.

Sayangnya, hampir nggak ada exfoliating toner merk lokal. Entah karena orang Indonesia belum begitu suka pakai double toning atau karena produsennya belum mau produksi. Padahal menurutku ini termasuk berprospek lho, karena banyak orang mulai berkiblat pada skincare routine Korea/ barat yang umumnya pakai double cleanser dan double toner. Toner atau penyegar di Indonesia sendiri kebanyakan masih dianggap sebagai 'pembersih' saja yang dipakai setelah pakai cleanser, padahal itu agak kurang benar sih.

Nah kalau mengacu pada toner yang mengandung bahan-bahan exfoliant seperti AHA dan BHA sih di Indonesia udah ada ya. Biasanya yang mengandung bahan tersebut adalah toner untuk kulit berminyak atau berjerawat. Biasanya toner jenis ini kandungan AHA dan BHAnya super keciiiiiiiiiiil, jadi menurutku belum bisa lah ya dibilang exfoliating toner. Namun sudah cukup oke kalau kamu pengen coba-coba pakai acid toner dosis rendah buat ngetes apakah kulitmu cocok atau nggak.

Waktu pertama lihat Exfoliating Lotion punya Wardah, aku langsung tertarik buat nyobain dan memakainya sebagai Exfoliating toner. Hitung-hitung trial sebelum aku pakai Exfoliating toner yang lebih strong lagi acidnya. Dan ternyata memang Exfoliating Lotion punya wardah ini lumayan kok.

Packaging
Wardah White Secret Exfoliating Lotion

Wardah White Secret Exfoliating Lotion hadir dalam kemasan botol plastik ukuran 150ml berwarna putih dengan tutup silver. Cukup oke sih, walau nggak kelihatan mewah. Botolnya bukan model flip top, tapi cukup mudah kok untuk nuang cairannya ke kapas.

Tekstur
Meskipun namanya ada embel-embel "Lotion" tapi tenang saja teksturnya nggak thick kayak body lotion ya. Teksturnya tetep cair tapi agak kental sedikit jika dibanding dengan toner biasa. Cairannya bisa meresap dengan baik di kapas (aku pakai kapas) saat dituang. FYI, lotion ini istilah skincare Jepang yang fungsinya agak mirip toner, biasanya sih kalau toner kadar alkoholnya agak lebih tinggi sedikit. Makanya skincare buatan Jepang (seperti hadalabo misalnya) biasanya nggak ada istilah toner, adanya lotion.

Komposisi.
Aqua, Propylene Glycol, Vaccinium Myrtillus (Bilberry) Extracts, Glycerin, Butylene Glycol, Sacharum Officinarum (Sugar Cane) Extracts, Phenoxyethanol, Dmetichone, PEG-40, Hydrogenated Castor Oil, Citrus Aurentium Dulcis (Orange) Extracts, Cirtrus Medica Limonum (Lemon) Extracts, Trideceth-9, Xanthan Gum, Acer Sacharum (Sugar Maple) Extracts, Lecithin, EthylhexcylGlycerin, Fragance, Polysorbate 20, Disodiom EDTA. 

Performa
Cukup mengangkat sel kulit mati

Awal pemakaian Wardah White Secret Exfoliating toner ini aku pakai 2 hari sekali. Memang sebaiknya kalau baru pertama pakai exfoliant, jangan pakai setiap hari karena kulit nanti bisa over exfo dan berujung pada kulit kering, sensitif, gosong, jerawatan. Setelah aku pakai 2 hari nggak ada masalah, akhirnya aku pakai setiap hari. Yang perlu diingat, exfolianting toner biasanya bikin kulit jadi fotosensitif alias mudah gosong kalo kena sinar matahari dan kering. Makanya kalau kamu pakai exfoliating toner pakailah pada waktu malam hari, dilanjutkan dengan pakai hydrating toner dan jangan lupa pakai sunblock saat siang hari.

Nah karena teksturnya yang agak sedikit kental, aku merasa setelah memakai lotion ini kulit jadi sedikit lembab dan cenderung agak lengket. Jadi, produk skincare selanjutnya harus menunggu sedikit lebih lama sampai si Lotion ini meresap sempurna. Sensasi clekit-clekit atau perih yang biasa didapat kalau pakai acid toner juga nggak begitu terasa ketika pakai Wardah White Secret Exfoliating Lotion ini. Tapi itu bisa jadi karena kulitku sudah terlalu badak dengan acid toner atau karena kandungan AHA di Wardah White Secret Exfoliating Lotion ini juga nggak terlalu tinggi. Kemampuannya menghilangkan  komedo juga masih kurang karena meski pakai tiap hari komedoku tetep aja nempel.

Meski begitu Wardah White Secret Exfoliating Lotion menurutku cukup mampu mengangkat sel kulit mati. Terbukti kapas yang aku pakai tetep aja berwarna sedikit coklat padahal aku udah double cleansing. Kulitku juga terlihat lebih cerah dan nggak kusam setelah aku rajin pakai Lotion ini. Cukup lumayan lah ya untuk ukuran Toner lokal.

Wardah White Secret ini bisa di beli dengan harga 65.000 - 75.000 /150 ml di toko kosmetik terdekat.

Kesimpulan
Plus :
- Murah
- Mudah didapat
- Mampu mengangkat sel kulit mati

Minus :
- Lengket dan susah menyerap
- Tidak mampu menghilangkan komedo

REPURCHASE? NO.

Disclaimer : All opinions and thought on everything featured on this blog are entirely my own. People can be allergic to anything. I recommend that you patch test yor skin first time you use any of products.

1 comment:

Feel free to ask anything, leave your comment. No SARA please :)