Hair Routine : Cara Mengatasi Rambut Rontok ala Kriwilife!

Perubahan kerontokan rambut dari Maret-Juni


Sebagai orang yang memiliki rambut keriting aku akui perawatan rambut keriting itu susah-susah gampang, susah karena rambutnya gampang banget kering dan gampang karena jarang banget sisiran. Setelah kepindahan di rumah baru, aku termasuk jadi jarang merawat rambut: asal aja keramas, kasih conditioner dan vitamin. Hasilnya RAMBUTKU RONTOK PARAH!! Saking parahnya aku sampai menangis takut botak, huhhuhu. Setelah memantapkan hati akhirnya kuputuskan buat kembali merawat rambutku dengan penuh kasih sayang dan mengganti semua hair routineku, nekat sih karena kalau seandainya ada yang nggak cocok aku jadi sulit mengetahui siapa tersangkanya, namun akhirnya aku tetap melakukannya karena aku sangat takut botak!! Untungnya setelah 3 bulan pemakaian semua hair routine ini aku cocok dan syukurlah rontokku sangat berkurang. Berikut aku share hair routine yang aku pakai sesuai urutan pemakaian yah! 

Disclaimer : Semua produk ini, waktu mulai pemakaiannya nyaris berbarengan dan baru aku pakai dalam rangka memerangi rambut rontok. Jadi jujur aku nggak tahu MANA YANG PALING NGARUH.

Produk yang aku pakai selama 3 bulan, dari Maret-Juni


1. Sisir Wet Brush
Sebelumnya aku memakai sisir detangled dari the body shop, bahannya kayu sehingga tidak membuat rambut frizzy namun rupanya tetep menyakitkan ketika rambut dalam kondisi kusut. Akhirnya tergoda buat nyobain sisir Wet Brush yang Detangle, sisir ini punya teknologi inteliflex bristle yang sangaaaat ajaib karena bikin bisa menguraikan rambut kusut tanpa sakit, tanpa berasa narik rambut dari kulit kepala, tanpa bikin rambut frizzy, pokoknya nyaman banget!!! Pakai ini rambutku jadi nggak mudah ketarik dan patah, sisirnya bisa dipakai saat rambut kering maupun basah, tapi aku selalu sisiran sebelum keramas saat rambutku kering.

2.  Ree Derma Hot Oil
Ree Derma Hot oil ini dipakai sebelum keramas di bagian kulit kepala lalu dipijat ringan, kemudian didiamkan satu sampai delapan jam supaya bekerja maksimal baru setelah itu keramas. Biasa aku pakai malam sebelum tidur dan paginya keramas, kalau pakai ini aku pakai penutup kepala (beli di Miniso) biar Oilnya nggak ke bantal. Ree Derma ini mengandung Vitamin A untuk memperbaiki sel yang rusak, Vitamin C sebagai antioksidan supaya rambut nggak mudah rusak, Vitamin B6 yang menstimulasi pertumbuhan rambut dan fatty acid yang memebrikan nutrisi pada rambut dan kulit kepala sehingga mengurangi kerontokan, Ree Derma Hot Oil ini baunya minyak kelapa bangeeeet, tapi nanti hilang kok setelah keramas.

3. Yves Rocher Low Shampoo Delicate Cleansing Cream
Jujur aku penasaran pakai ini karena shampoonya ngikutin Noo Poo method yang biasa dipakai orang berambut keriting diluar sana alias keramas tanpa shampoo. Shampoo ini beneran busanya tuh dikiiiiiiiit buanget nyaris nggak berbusa, biasa cara aku ngetrik biar berbusa adalah : kasih air sedikit di daerah yang diberi shampoo lalu pijat pelan- baru dibilas. Keunggulan shampoo ini adalah tidak mengandung pewarna, silicone, parabene, dan sulfate. Walau tidak berbusa tapi menurutku shampoonya cukup bersih ya, walau saat pemakaian awal aku berasa agak aneh gitu hahahahaha. Shampoo ini sukses bikin aku nggak ketombean dan rambut super lembut setelahnya, sayangnya rasa hati ini tetep kadang kurang puas kalau nggak lihat busa shampoo. 

4. Follow me Green Tea Conditioner
Beli ini karena lihat reviewnya Kiki Siantar, langsuuung teracuniii diri ini. Follow Me Green Tea Conditioner ini terinspirasi dari teknologi jepang yang mengkombinasikan Green Tea sebagai antioksidant untuk melindungi rambut dari radikal bebas dan Grape Seed Extract untuk menguatkan rambut dari akar serta mengurangi rambut bercapang dan rapuh. Kesanku setelah memakai conditioner ini : wangiiiiii buangetttt baunya aku sukaa sekali dan rambut jadi lembut tapi nggak lepel. Ya ampun kenapa baru sekarang aku menemukan condi ini! Saat memakai condi ini biasanya rambut sambil aku sisir dengan jari, jadi setelah keramas rambut tidak dalam keadaan kusut. FYI  aku nggak sisiran lagi setelah kerama,a ku hanya sisiran sebelum keramas dengan sisir dan saat keramas dengan jari.

5. Loreal Elseve Extra Ordinary Oil
Loreal Elseve ini variannya banyak, yang pernah aku coba yang seri bunga Rose dan yang varian Rich dengan botol warna orange kecoklatan. Menurutku Hair oil ini cukup melembabkan, sehingga pada akhirnya rambut tidak kering dan rapuh.  Aku menggunakan Hair oil ini pada bagian batang sampai ujung rambut saat rambut sudah 60-70% kering alias masih dalam kondisi agak lembab gitu, gunanya untuk mengunci kelembaban rambut.Biasa aku pakai dengan teknik crunch atau meremas rambut dari ujung ke akar, untuk menambah kesan "kriwil", setelah memakai hair oil ini aku nggak sisiran yah tapi langsung ke step berikutnya.

6. Pantene  Pro V Conditioner Tanpa Bilas
Untuk menambah efek melembabkan, setelah memakai Loreal Elseve Extra Ordinary Oil, aku memakai conditioner pantena tanpa dibilas. Conditioner ini berfungsi untuk menghaluskan rambut, membatnya mudah diatur dan mencegah rambut rusak karena agresor luar seperti misalnya polusi udara. Untuk teknik pemakaiannya masih sama yaitu dengan di remas lembut dari ujung ke pangkal rambut. Biasa aku pakai lebih banyak di area ujung rmabut karena bagian ini biasanya lebih kering dibanding batang. Setelah itu tunggu rambut kering sempurna. 

7. Erhair Hair Loss Tonic
Setelah rambut kering sempurna aku pakai Hair tonic dari ERHA, sebenernya seri ini ada shampoonya juga tapi aku nggak pakai. Erhair Hair Loss Tonic ini mengandung Kopexil dan Ekstrax Panax Gingseng yang membantu kekuatan rambut, serta vitamin, mineral dan asam amino untuk memberikan nutrisi ke kulit kepala. Cara pakainya, disemprotkan dikulit kepala yang bersih lalu dipijat-pijat pelan. Baunya lumayan enak sih menurutku, dan nggak bikin rambut jadi lepek.

8. Swisse Ultiboost Hair Skin Nails
Siplemen dari swisse ini mengandung Biotin, Silicon, Zinc, Iron, Vitamin C dan Silybum Marianum yang diklaim bisa meningkatkan kesehatan kulit dan kuku, sebagai antioksidant serta membuat rambut tetap sehat berkilau. Biasa aku minum suplemen ini 1x sehari sebelum tidur. Aku merasa setelah meminum suplemen ini kuku yang biasanya rapuh jadi mudah panjang dan nggak mudah patah, rambut juga makin cepet panjang berasanya lalu helaian rambutku juga berasa banget makin besar dan tebal. Sayangnya  Swisse Ultiboost Hair Skin Nails ini tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui, jadi kalau rambutmu rontok saat menyusui kamu nggak bisa pakai suplemen ini ya. Rencanaku sih aku mau stop suplemen ini dulu setelah 3 bulan memakai untuk lihat apakah ada perubahan atau nggak jika stop, takut juga euy kalau harus minum suplemen kecantikan selamanya. hehehehe.

Setelah 3 bulan rutin menggunakan produk-produk tersebut untuk perawatan rambut, memang rontokku sangat jauh berkurang, rambut juga terasa lebih sehat dan cepet panjang plus numbuh beberapa anak rambut baru. Oh ya, dulu saat awal rambutku mulai rontok, rambutku sempet terasa sangat "berat"terutama saat dalam kondisi basah. Akhirnya aku putuskan memotong sekitar 15-20cm rambutku untuk mengurangi beban akar rambut, mungkin kamu bisa mencoba memotong rambutmu juga kalau dirasa terlalu "berat" dan konsen menguatkan akar rambut dahulu sebelum memanjangkannya lagi. Percayalah rambut yang sehat cenderung mudah panjang.

Nah, Selamat mencoba!

0 komentar:

Post a Comment

Feel free to ask anything, leave your comment. No SARA please :)