Review : Nordic Children's DHA

Nordic Children's DHA

Beberapa hari yang lalu ada seorang temen yang minta rekomendasi suplemen untuk anaknya, gara-gara itu aku jadi keingetan kalau aku belum jadi review Nordic Children's DHA padahal dulu aku udah berjanji buat review. 

Suplemen pertama yang aku kasih Keira itu Moller's Tran rasa Tutti Frutti dan ternyata Keira nggak begitu suka. Akhirnya aku menutuskan buat ganti vitaminnya menjadi Nordic Children's DHA. Sengaja milih varian Children karena waktu itu umur Keira udah diatas 1 tahun, kalau masih di bawah 1 tahun bisa pakai varian baby ya.

Packaging
Botol gelap bikin isinya lebih terjaga

Nordic Children's DHA setauku punya dua varian,  Nordic Baby's DHA (usia dibawah 1 tahun) dan Nordic Children's DHA (usia 1-6 tahun). Nordic Baby's DHA kemasannya dilengkapi pipet untuk memudahkan pemberian sedang Nordic Children's DHA kemasannya berbentuk botol. Baik varian baby maupun Children, dua-duanya menggunakan botol warna biru gelap sehingga kualitas suplemen yang ada di dalamnya lebih terjaga. Meski begitu, setelah dibuka Nordic harus langsung masuk kulkas ya dan sebaiknya dihabiskan dalam waktu 3 bulan.

Komposisi

Untuk kandungan suplemen jika dibanding dengan Moller Trans varian vitaminnya lebih banyak Moller Trans (ada vitamin A,D,E) dan kandungan total omega 3 nya lebih tinggi Moller Trans (total 1.2g/serving). Namun varian kandungan omega 3 di Nordic Children's DHA lebih banyak karena ada tambahan 'Other Omega 3' selain EPA dan DHA sedang Moller Trans hanya mengandung EPA dan DHA saja. Yaaaa meski nggak jelas juga 'Other Omega 3' itu apa sih.

Tekstur
Tekstur Nordic Children's DHA

Nah meski kandungan suplemennya lebih lengkap moller tapi untuk urusan aroma dan tingkat keamisan, menurutku Nordic Children's DHA lebih unggul! Entah kenapa aroma Tutti Fruttinya si Moler terkesan lebih artifisial dibanding aroma Strawberynya si Nordic. Dan meski aroma ini akan dengan cepat menguap dan berganti menjadi bau amis khas minyak ikan beberapa detik setelah bertemu udara bebas atau disuap ke mulut namun bau amis Nordic Children's DHA lebih mudah diterima hidung alias nggak seamis moller. Cuma yhaaaa dua-duanya tetep susah ilang ya bunda kalo kena baju. Jadi sebaiknya minumin anaknya pas anak mau mandi dalam kondisi anak nggak pakai baju, atau kalo bajunya udah kena silahkan dicuci dengan cara dipisah dengan baju lain. Sebab kalau mbok campur, nanti semua baju akan jadi amis mambu minyak ikan.

Untuk rasa sebenernya dua-duanya mirip sih, nggak ada rasa dan nyeteg/bikin pengen batuk ketika sampai ditenggorokan. Warna dan teksturnya  juga hampir sama, cair, dengan warna bening kekuningan. Cuma entah kenapa Keira lebih suka dan lebih doyan minum Nordic Children's DHA, mungkin karena aromanya yang nggak begitu amis. Dulu waktu jamannya aku kasih dia Moller's Tran, minuminnya harus banget pakai drama kumbara tapi kalau Nordic Children's DHA dia mangap dengan sukarela. Yaaaaa tapi semua anak kan beda ya, apa yang Keira suka bisa jadi anak lain nggak suka. 

Dosis dan Pemberian

Nordic's Children DHA ini sebenernya ada dua jenis, cair (untuk usia 1-6th) dan softgel (usia 3-6th) Aku pakai yang cair karena di Indonesia kayaknya lebih mudah nyari yang cair. Lagipula kalau cair kan anaknya nelennya lebih gampang juga dibanding kalau softgel, lagian Keira masih 2.5 tahun hehehehe. Untuk dosisnya aku kasih 1 x 5ml setelah dia berusia 2 tahun, kalau dulu pas belum 2 tahun 1x 2.5ml.

Meski harusnya tiap hari dikasih, tapi kadang kalo dikasih tiap hari anaknya bosen juga. Jadi kadang aku kasih 2 hari sekali, atau kalo pas butuh banget dikasih setiap hari (pas cuaca buruk, pas lagi banyak aktivitas, pas banyak yang sakit) aku ngakalinnya kasih Nordic Children's DHA lalu setelahnya kasih minuman yang segar rasanya, biasa sih kasih jus jeruk dia udah bahagia.

Performa

Karena ini bukanlah penambah nafsu makan jadi ya sama kayak moller trans, pemberian suplemen ini nggak ngefek banyak ke nafsu makan Keira. Cuma semenjak minum Nordic Children's DHA Keira jadi nggak gampang sakit. Waktu di Sumba, cuacanya sering siang super panas dan debuan malam super dingin tapi dia baik-baik aja. Belum lagi kami sering berenang di pantai sampai dia dingin dan kulitnya kebiruan saking dinginnya, tapi dia juga nggak pilek atau demam.

Namun karena aku merasa nggak selalu bisa ngasih makanan 4 sehat 5 sempurna ke Keira dan dia juga seringan nggak mood makan dan jatuhnya ngemil aneka rupa jajanan, Suplemen seperti ini membantu banget buat memastikan dia dapat nutrisi cukup. Ya at least meski nggak makan ikan tiap hari, tapi dia tetap terpapar omega 3.

Nordic Children's DHA ini bisa di beli di e-commerce karena aku belum nemu di Watson/Guardian/Apotek lokal. Untuk yang Children ada dua ukuran 237 ml dan 119 ml. Untuk harga jelas hemat kalau beli ukuran besar tapi buat jaga-jaga kalau anaknya nggak doyan, beli yang size kecil dulu aja. 

Harga :
237 ml, sekitar Rp 440.000 
119 ml, sekitar Rp 280.000


2 comments:

  1. Big thanks ya kak udah review njlentreh segini banyak.. Uwuwuwuwu aku masih galau pengen beli mollers atau nordic tapi kayanya lebih condong ke nordic sih wkwk XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya untung kamu mengingatkan aku kalau aku belum review nordic, selamat mencoba ya! Thank youuu~

      Delete

Feel free to ask anything, leave your comment. No SARA please :)