Cara Merawat Rambut Keriting

Rambut kriwil!

Aku itu udah sejak lama pengen cerita soal cara merawat rambut keritingku ini, tapi kadang suka kelupaan karena keasyikan ghibah soal yang lain atau karena semacam sudah jadi kebiasaan jadi kayak nggak urgent gitu bahas soal rambut. Nah soal rambut keriting ini aku aslinya pernah cerita di postingan ini. Kali ini aku mau cerita soal gimana cara merawat rambut keriting ala moanaku sampai bisa sepanjang ini. Kalau kamu punya rambut kriwil juga mungkin postingan ini akan membantu. Nah kalau kamu punya rambut kriwil tapi separuhnya masih bekas rebonding sebaiknya yang bekas rebonding dipotong semua dulu, biar makin afdol merawatnya. Emang sih rasanya agak-agak nggak rela gitu pas mau motong, tapi percayalah kadang merelakan bisa lebih menenangkan datipada terus mempertahankan. 

1. Deep conditioning
Yang perlu kamu pahami dan sadari adalah rambut keriting itu pasti kering, kalau nggak kering ya biasanya super duper kering. Menurut logikaku ini karena teksturnya yang bergelombang makanya nutrisi dari akar nggak bisa sampai di batang dan ujung rambut dengan cepat. Maka kunci perawatan rambut keriting aslinya cukup simple : lembabkan rambutmu. Salah satu cara buat nglembabin rambut adalah dengan melakukan deep conditioning, proses ini bisa dilakukan seminggu sekali atau setiap keramas. Caranya mirip maskeran tapi yang dimaskerin rambutnya, kamu bisa pakai hair oil, masker rambut, yogurt, telur (seriusan), alpukat, atau shea butter. Oleskan bahan pada rambut, bungkus rambut dengan penutup kepala lalu diamkan 30 menit, habis itu baru keramas.

2. Keramas
Berapa hari sekali kamu keramas? bagi yang punya rambut keriting, keramas itu nggak boleh sering-sering. Semakin jarang kamu keramas semakin bagus, karena keramas yang terlalu sering bisa membuat rambut kita makin kering. Ingat kunci merawat rambut keriting adalah dengan menjaganya tetap lembab, right? Aku sendiri keramasnya biasa antara 2-3 hari sekali tergantung cuaca, kalau udara panas banget dan aku keringetan ya terpaksa 2 hari sekali aku keramas. Untuk shampoo sebenarnya paling baik itu memakai shampoo yang bebas SLS, jadi busanya nggak terlalu banyak yang artinya nggak terlalu bikin rambut kering kerontang.

3. Conditioner
Conditioner itu wajib banget hukumnya! Malah mendingan kamu keramas nggak pakai shampoo tapi pakai condi daripada sebaliknya. Conditioner akan membantu mengunci kelembaban rambut kita. Sayangnya di Indonesia masih jarang conditioner dan shampoo khusus rambut keriting, aku biasanya pakai conditioner Pantene yang untuk rambut rusak karena sejauh ini itu yang paling ngaruh di ramsbutku.

4. Leave in Conditioner
Habis keramas apakah rambut langsung dikeringkan? tentu tidak. Habis keramas rambut masih harus diberi vitamin dan "pengunci kelembaban lagi". Biasanya aku tunggu sampai rambut 50% kering lalu kasih hair vitamin, lalu tunggu lagi sampai 70% kering (masih agak lembab) baru kasih hair oil. Ngasihnya sambil rambut agakdiremas biar tambah ikal dan nggak boleh disisir sampai kering.

5. Sisiran
Detangling comb by Body shop

JANGAN TERLALU SERING MENYISIR RAMBUT KERITINGMU, karena akan bikin rambutmu megar kayak arum manis di pasar malam. Kalau mau rambutnya jadi ikal bounchy cantik memang sisiran itu cuma boleh saat rambut basah habis keramas dan itupun wajib pakai sisir bergigi jarang (detangling comb). Aku pakai sisir dari the body shop yang bahnya dari kayu gitu karena lebih enak dan nggak bikin rambut terbang-terbang. Lha terus kalau bangun tidur apa nggak sisiran? jawabku : enggak. Toh nggak keliatan juga kalau kamu nggak sisiran, hiya hiya. Supaya nggak terlalu ruwet, kamu bisa kepang rambutmu saat mau tidur, pakai hair cap yang khsusu buat tidur, atau ikat rambutmu diatas kayak nanas (pineapple bun) biasanya itu nggak bikin rambutmu bundhet sih.


So well, keuntungan punya rambt keriting buatku adalah bisa jarang keramas dan jarang sisiran huahahaha meski sedihnya rambutnya memang super kering jadi harus hati-hati banget kalau milih shampoo. Nah gimana? apa kamu punya cerita soal rambut keriting? 

0 komentar:

Post a Comment

Feel free to ask anything, leave your comment. No SARA please :)