Tips Belanja HARBOLNAS 12.12


Salah satu toko di Amsterdam.

Sebenarnya hampir setiap bulan di tanggal cantik, beberapa e-commerce mengadakan sale besar-besaran. Misalnya  9/9, 10/10, 11/11 dan yang baru akan datang 12.12  -puncak segala sale- karena 12 Desember dinobatkan sebagai Hari Belanja Online Nasional a.k.a HARBOLNAS.

Sebagai Hari Belanja Online Nasional, bisa dibayangkan dong betapa besar sale yang akan ditawarkan oleh ratusan e-commerce, mulai dari toko buku, elektronik, hingga kecantikan. Bisa dibayangkan juga betapa banyak orang yang akan berpartipasi untuk memperebutkan sale dan biasanya barang yang didiskon itu habisnya hanya sekejap mata. Oleh sebab itu untuk menyambut 12.12 sebagai orang yang hobi banget belanja online, kali ini aku mau bagi tips ala-ala supaya belanja kamu di 12.12 nanti sukses! Yuk disimak yuk!

1. Menentukan Budget
Seperti yang pernah aku tulis di sini, menentukan budget itu super penting. Selain untuk menakar berapa sih batas kemampuan financial kita, budget juga berfungsi untuk menjaga supaya keuangan kita nggak bocor. Jangan sampai habis belanja Harbolnas kita malah jadi makan nasi pake garem. Budget yang ditentukan sih terserah ya mau berapa, yang penting jangan sampai mengganggu cashflow kita. Lebih bagus lagi kalau budget ini sudah dipersiapkan/ditabung sejak jauh-jauh hari.

2. Membuat Daftar Belanjaan
Setelah menentukan budget, langkah selanjutnya adalah menentukan apa yang mau dibeli dengan budget segitu. Kenapa nggak bikin daftar dulu baru nentuin budget? Karena kalau nurutin keinginan, semua aja bakal pengen dibeli dan masuk daftar belanjaan. Kalau pakai budgeting dulu, mau nggak mau kita akan terpaksa memprioritaskan apa yang penting dan butuh dibeli. Kalo kata senator filipina sih, Everything you dont need is expensive. Ya iya juga sih, kalau nggak butuh trus beli akhirnya juga bakal nggak dipakai kan? Ngganggur kan? Akhirnya pemborosan. Itulah mengapa penting banget bikin daftar belanjaan yang harus dan wajib dipatuhi saat belanja. Kalau perlu bagi yang udah nikah saat bikin daftar ini konsultasi juga sama pasangan, misal "Kalau nanti ada kulkas diskon 99% mau dibeli nggak?" Jangan sampai pas Harbolnas kita baru diskusi, yah keburu habis dong nanti barangnya kalau ditinggal diskusi. 

3. Internet yang Stabil dan Kuota Internet yang Cukup
Namanya juga belanja online, jadi internet yang stabil dan kuota yang cukup adalah koentji. Apalagi nih saat Harbolnas biasanya traffic website akan padat merayap, ngalahin website sscn.bkn.go.id waktu pendaftatan cpns. Jadi internet stabil itu wajib, banyak banget kejadian ditunggu loading barang yang diincer udah sold out. Kalau perlu nih, ganti provider internet yang sinyalnya stabil di daerahmu atau duduk dibawah tower supaya internet lancar.

4. Ebanking
Kalau urusan pembayaran belanja online, ebanking menurutku yang paling praktis. Nggak perlu jalan ke ATM, nggak perlu ke alfamart atau indomart. Udah gitu kalau pakai yang rekening virtual kayak virtual accountnya Mandiri, BCA atau pakai BRIVA gitu biasanya konfirmasinya lebih cepet. Nah tapi jangan karena belanja online pakai ebanking bayarnya enak banget tinggal pencet-pencet, belanjanya jadi keasyikan dan lebih dari budget ya. 

5. Alarm/Pengingat
Biasanya sale di Harbolnas itu ada batas waktunya, misalnya diskon produk elektronik dari jam sekian sampai jam sekian, atau kalau flash sale misalnya dari jam sekian sampai jam sekian. Gunanya alarm/pengingat di sini supaya kita nggak ketinggalan, apalagi buat ibu-ibu banyak kerjaan kadang bisa terlupa kalau nggak dipasang alarm. Lebih bagus lagi kalau alarmnya dinyalakan 20-15 menit sebelumnya jadi ada waktu dikit lah buat persiapan.

6. Doa
Dalam acara rebutan diskon entah itu di mall maupun saat Harbolnas, faktor keberuntungan itu tetep perlu. Bayangin kalau misal udah dapet barangnya, udah dimasukin keranjang, tinggal check out, eh internetnya mati. Sakit tak berdarah itu pasti ya kan. Maka sebaiknya tetap berdoa supaya kita kebagian sale barang yang kita butuhkan dan keberuntungan selalu ada di pihak kita!

7. Waktu Khusus
Biasanya saat Harbolnas, barang yang didiskon habis-habisan itu jumlahnya nggak banyak, sedangkan peminatnya buanyak. Jadi bisa aja tuh pas lagi mau belanja, kamu tinggal melirik gebetan yang lewat barang yang kamu incer langsung habis. Galau yak? Nah daripada gebetan nggak dapet, belanjaan juga nggak dapet silahkan sisihkan waktu khusus buat belanja. Bagi yang sudah punya anak, anaknya bisa dititip dulu sama suami, atau belanjanya pas si anak tidur. Sehingga waktu belanja kita bisa lancar jaya tanpa hambatan.

8. Manfaatkan Cashback dengan Shopback
Halaman utama shopback

Apa itu Shopback?? Shopback adalah suatu aplikasi yang akan memberikan kita sejumlah cashback berupa uang yang bisa dicairkan setelah beberapa waktu tertentu apabila kita belanja di ecommerce yang sudah bekerja sama dengan shopback. Jumlah cashbacknya macem-macem, antara 1% sampai dengan 10% , bahkan bisa lebih apabila ada promo.

Sebagian kecil ecommerce di Shopback

Cara kerjanya juga gampang banget kok, kamu cukup download aplikasi shopback disini, lalu setelah itu kamu registrasi akun. Setelah punya akun, biasakan belanjanya lewat shopback, di shopback nanti ada link ke ecommerce yang kita mau. Misalnya mau belanja di shopee, jangan langsung buka aplikasi shopee. Buka dulu aplikasi shopback - pilih shopee - belanja - selesai belanja - dapat cashback deh di akun shopback. Oh ya kalau kamu download shopback lewat link ini, kamu akan dapat welcome poin senilai 25 ribu rupiah! Mayan kan. Nah nanti kalau dirasa uang di shopback udah banyak silahkan dicairkan, nanti uangnya akan ditransfer ke rekening kita. Meski dikit, kalau lama lama ditabung kan jadi banyak juga toh? Nah makanya cobain shopback.

Jadi aplikasinya bukanya lewat shopback.


Nah begitulah kira kira tips ala ala buat menyambut Harbolnas. Selamat belanja, jangan kalap ya!

0 komentar:

Post a Comment

Feel free to ask anything, leave your comment. No SARA please :)