Jalan-Jalan : Taman Bunga Argosekar Gunungkidul, Wisata Baru di Yogyakarta

Taman Bunga Argosekar Gunungkidul

Dulu saat mendengar kata 'Gunungkidul' pasti yang terbesit dalam pikiran orang-orang adalah kata kekeringan, tandus, kurang air, ndeso, dan terpencil. Memang waktu aku kecil dulu PDAM di Gunungkidul lumayan sering macet sehingga berakibat beberapa daerah kesulitan air. Tapi itu dulu! Semenjak ada bantuan dari Jepang, PDAM di Gunungkidul sekarang lancar jaya dan Gunungkidul nggak kekeringan lagi. Hal itu tentunya berdampak positif pada pertanian yang ada di Gunungkidul. Jika sebelumnya masyarakat mengandalkan sistem tanam tumpangsari dan mengandalkan hujan, kini mereka bisa mengairi sawah dan ladangnya sesuka hati.

Wisata baru di Gunungkidul

Beberapa orang memanfaatkan kondisi ini untuk membuat tempat wisata baru yaitu wisata taman bunga. Tentu saja pemerintah Kabupaten Gunungkidul sangat mendukung hal ini karena sebagai salah satu tempat tujuan wisata di Yogyakarta, Gunungkidul kini memiliki tujuan wisata yang semakin bervariatif dan menarik bagi wisatawan. Kini Gunungkidul tak hanya punya pantai saja tapi juga tebing, air terjun, gunung api purba, hutan pinus dan yang terbaru taman bunga! Beberapa orang kadang tidak percaya, masak sih ada taman bunga di Gunungkidul? Emangnya tanaman bunganya bisa tumbuh di tanah tandus? Oh tentu saja bisa! Bahkan saat ini ada beberapa tempat wisata taman bunga di sepanjang jalan antara pantai Kukup - pantai Indrayanti, salah satunya adalah Taman Bunga Argosekar.

Gerbang Argosekar

Saat memasuki gerbang Argosekar kita akan langsung disuguhi pemandangan bunga-bunga yang cantik dengan aneka warna yang menarik. Mungkin bisa dibilang Argosekar adalah versi mini dari Taman Bunga Nusantara yang terkenal itu. Berbeda dengan taman bunga yang lain yang biasanya hanya menawarkan satu jenis bunga saja yaitu bunga Celosia Plumosa, Argosekar menyajikan suatu konsep taman bunga yang terdiri dari beberapa jenis bunga. Bunga yang ada di Argosekar diantaranya adalah Bunga Celosia Plumosa, Celosia Cristata,  Celosia Argentea, Gomphrena, Cosmos Caudatus, Bunga kertas aneka warna baik yang biasa maupun yang hibrida, Bunga Matahari, dll.
Salah satu sudut Taman Bunga Argosekar

Tidak hanya itu, Argosekar juga menyediakan aneka bibit bunga baik itu biji, tunas, maupun tanaman yang sudah tumbuh besar. Kita juga bisa bertanya kepada pemilik taman bagaimana proses menyebar benih hingga cara menanam tunasnya dan dengan senang hati pemilik taman akan menjelaskan kepada kita bagaimana cara menanam bibit bunga tersebut. Harga yang ditawarkan untuk bibit bunga pun cukup murah menurutku, dengan merogok kocek sebesar Rp 30.000 kita bisa mendapat sekitar 200-300 bibit bunga dalam bentuk biji. Cukup murah mengingat di Shopee harga bibit minimal Rp.10.000 rupiah/50 biji.  Jika beruntung kita bahkan bisa melihat secara langsung proses pembibitan bunga-bunga yang ada disana dan ikut belajar menanam.


Di Gunungkidul nih!
Nah buat yang suka berfoto, pasti akan bahagia foto di Argosekar. Selain karena lokasinya yang cantik dan menarik, di sini juga ada fotografer lokal dengan kamera ciamik dengan harga yang begitu terjangkau. Cukup dengan 10 ribu rupiah saja, kita sudah bisa dapat tiga buah file foto dengan kualitas baik karena kamera yang dipakai sekelas sony dan canon DSLR. Seluruh foto yang ada di blog ini semuanya di ambil oleh fotografer lokal yang ada di sana, enak kan tinggal datang dan foto doang. Cocok deh buat mempercantik feed instagram atau sekedar untuk kenang-kenangan.

Gaya sebebasmu, semaumu!

Soal harga tiket masuk, Argosekar hanya memasang tarif 5ribu/orang saja untuk berfoto dan berjalan-jalan sepuasnya di taman. Harga yang sungguh murah untuk pengalaman yang menarik, bayangin lho 5 ribu rupiah! Bahkan semangkok bakso aja harganya minimal 10 ribu sekarang. Lokasi Argosekar ini juga cukup mudah dicari, lokasinya terletak di Jalan Kukup - Indrayanti, di depan rumah makan Griyo wono. Jadi kalau kamu berniat jalan-jalan ke Gunungkidul, kamu bisa banget masukin Argosekar ke dalam itinerary kamu karena lokasinya searah dengan pantai-pantai di Gunungkidul. Memang kamu akan melihat banyak sekali taman bunga di daerah ini, tapi cuma satu ya yang bunganya beraneka rupa dan cuma satu yang punya nama ARGOSEKAR. Kalo masih bingung kamu bisa klik petanya disini

Nah gimana? Udah tertarik mampir? Jangan lupa share di sini ya kalau sudah mampir!

Taman Bunga Argosekar
Jl Kukup-Indrayanti depan rumah makan Griyowono
Htm : Rp 5.000/Orang
Instagram : @Argosekar
CP : +6281229329633 (Ibu Wastini)

0 komentar:

Post a Comment

Feel free to ask anything, leave your comment. No SARA please :)