Review Serum Lokal : Wardah White Secret Intense Brightening Essence

Wardah White Secret Intense Brightening Essence

Halo!
Akhir-akhir ini demi perekonomian Indonesia yang lebih baik dan dalam rangka mendukung industri lokal, aku mulai mengganti beberapa skincareku dengan skincare merk lokal. Sayangnya skincare lokal itu variannya nggak begitu banyak jadi ya ada beberapa slot skincare yang memang nggak bisa diganti pakai skincare lokal. Ini nih salah satu hal yang bikin aku sedih dan prihatin sama industri kecantikan di Indonesia.

Kalau diperhatikan, sebagian besar produk skincare di Indonesia itu fokusnya ke pencerahan kulit (Brightening/Whitening) atau mengatasi jerawat (Acne/Oily) padahal kan ya kulit itu macem-macem, ada yang kering, sensitif, kombinasi dan nggak semua orang Indonesia itu pengen putih cuy! Ini baru dari lini skincare, dari lini make up sedih lagi lho. Coba perhatikan foundation atau bedak, sebagian besar pasti shadenya cuma tiga ivory, neutral, beige. Udah gitu rata-rata warnanya buat cool/pink undertone, padahal kan dari sabang sampai merauke kayaknya kebanyakan kulit orang indonesia itu warm/yellow tone dan kecoklatan, bukan putih. Setahuku baru make over aja nih yang punya shade banyak, entah apakah mustika ratu dan sariayu ada keinginan membuat aneka macam shade atau nggak.

Wardah adalah salah satu brand yang menurutku cukup cepat mengikuti perkembangan jaman. Mulai dari jaman lip cream sampai sekarang bikim cushion dan fte. Selain itu wardah doang kayaknya yang skincarenya hampir lengkap, Brightening, Anti Aging, Acne, Hydrating/Moisturizing semua punya. Marketing dan Brandingnya si wardah ini juga oke punya, kemasannya nggak keliatan murahan dan ada label halalnya. Cucok deh ini! Kalo jadi Tbk maulah kubeli sahamnya, hehehehehe

Nah beberapa saat lalu aku memutuskan pakai salah satu serumnya wardah dari seri White Secret yaitu Wardah White Secret Intense Brightening Essence. Aku pakai ini dalam rangka mengganti The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% yang suka susah belinya karena sering sold out dan tentu saja karena ini lokal!

Packaging
Menurutku pipetnya kepanjangan!

Serum ini hadir dengan kemasan botol pipet dari plastik dengan warna silver agak berkilauan gitu. Sayangnya, aku nggak suka banget sama packaging Wardah Intense Brightening Essence ini, karena botolnya kecil tapi pipetnya besar banget. Jadi pipetnya itu kayak pas banget masuk ke botolnya, hasilnya serumnya sering beleber keluar kalau pas pipetnya dimasukin ke botol. Rasanya kesel dan gemes gitu ngelihat serumnya terbuang sia-sia keluar. Gengges!

Sisi plusnya, karena hadir dalam kemasan 17ml jadi cocok buat yang cuma mau nyoba-nyoba dan enak banget dibawa kemana-mana.

Tekstur
Tekstur wardah


Nah Wardah Intense Brightening Essence ini teksturnya agak kental, ketika di tepuk-tepuk kewajah rasanya wajah langsung lembab, agak sedikit lengket namun cepat meresap. Sebenernya untuk first impression, wardah ini oke banget waktu baru dipakai di wajah karena wajah jadi kenyel-kenyel lembab gitu. Bau serum ini cukup enak sih, nggak wangi yang menggangu gitu.

Komposisi
Aqua, Glycerin, Caprylyl Methicone, Butylene Glycol, Biosaccharide Gum-1, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/VP Copolymer, Phenoxythanol PEG-12 Dimethicone/PPG-20 Crosspolymer, Borago Officinalis Seed Oil, Argininr Xanthan Gum, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Trideceth-9, 4-Butylresorcinol, Tocopheryl Acetate, Dextrin Ethylhexylglycerin, Sodium Hyaluronate, Disodium EDTA, Caprylic/Capric Triglyceride, BHT, lecithin, Ubiquinone, Polydorbate 20, Hydrogenated Letichin, Fragance, Cholestrtol, Actinida Polygama Fruit Extract, Dextran, Palmitoyl Tripeptide-8.

Komposisinya sungguh buanyaaak dan kimiawi semua, jadi harap hati-hati bagi yang kulitnya sensitif ya.

Cara pemakaian
Biasa aku pakai serum ini 2-3 tetes untuk semuka, karena mengandung AHA jadi serum ini cuma aku pakai di malam hari dan tentunya wajib pakai sunblock di siang hari.

Performa
Is it worth the price?

Karena awal pemakaian bikin lembab aku rutin pakai wardah ini setiap malam. Namun sayang oh sayang, lama-lama aku menyadari kalau serum ini bikin kulit aku makin kering! Semenjak pakai ini kulit rasanya jadi kering kerontang, saking keringnya sampai bb cream dan foundation langsung cracking kalau dipakai. Aku pakai wardah ini tepat sebulan, sebenarnya di dua minggu pertama aku udah ngerasa ini bikin kulit kering tapi karena penasaran sama efek mencerahkannya aku lanjut aja sampai habis. Untuk mengatasi efek keringnya aku pakai hydrating toner sampai 3 lapis dan moisturizer tebel-tebel. FYI satu botol serum ini habis dalam sebulan dan selama sebulan itu nggak ada produk baru lain yang aku pakai. Pokoknya beneran penasaran apakah si wardah ini oke atau nggak. Dan beginilah hasilnya :


Seperti bisa dilihat pada gambar di atas, setelah 28 hari pemakaian noda bekas jerawatku memudar (tapi nambah satu jerawat baru, fyi itu jerawat di dagu selalu aku dapat tiap bulan saat menstruasi). Terus beberapa spot hitam di wajah juga sedikit memudar dan mengecil. Meski foto ini diambil dalam kondisi cahaya yang tak sama tapi memang kuakui wardah ini dikulitku bisa banget memudarkan noda-noda di wajah dan mencerahkan/minimal menjaga warna kulit tetap merata. (Catatan : Aku nggak pakai serum dan produk whitening lain selama pakai serum ini)

Menurutku produk ini cukup baik dan sesuai klaimnya, cuma buat kamu yang kulitnya kering atau sensitif sebaiknya hati-hati kalau pakai Wardah White Secret Intense Brightening Essence ini karena kemungkinan besar kulitmu akan bertambah kering. Buat yang punya kulit berminyak, wardah varian ini bisa banget dicoba.

Where to Buy
Wardah ini bisa dibeli di counter-counternya wardah di seluruh Indonesia atau di e-commerce. Harga Wardah White Secret Intense Brightening Essence ini cukup terjangkau ya, Rp 75.000/17ml bisa dipakai sebulan.

Kesimpulan
Plus :
+ Mencerahkan
+ Menyamarkan noda pada wajah
+ Harga terjangkau
+ Produk Lokal

Minus :
- Bikin kulit kering
- Packagingnya bikin beleberan

REPURCHASE?NO! Wardah varian ini beneran bikin kulitku kering kerontang kayak gurun sahara jadi ya.. kayaknya nggak bakal beli lagi. 

Disclaimer : Semua review yang aku buat merupakan produk yang aku beli sendiri dan benar-benar aku coba sendiri. Tidak semua orang memiliki kulit yang sama dan reaksi pada tiap orang bisa jadi berbeda,selain itu setiap orang juga memiliki reaksi alergi yang berbeda-beda. Sebaiknya lakukan patch test atau mengecek komposisi sebelum mencoba suatu produk.

0 komentar:

Post a Comment

Feel free to ask anything, leave your comment. No SARA please :)