Tips Lolos Tes CAT CPNS

Udah belajar?

Ciyeee... daftar CPNS nih? daftar karena beneran kepingin, ikut-ikutan supaya nggak ketinggalan jaman atau... karena dorongan orang tua? yah apapun alasan dibalik pendaftaranmu sebagai CPNS semoga kelak bisa menjadi aparatur negara yang baik, anti korupsi, ikhlas ditempatkan di pelosok negri dan bisa membawa kemajuan bagi bangsa ini ya.

Ngomong-omong aku pernah beberapa kali ikut tes CPNS dan meski pada akhirnya gagal di tahap selanjutnya tapi setidaknya aku boleh dong sedikit bangga kalau nilai CATku lumayan tinggi. Lagipula sesekali kamu perlu lho membaca tips dari yang gagal supaya bisa menghindari kesalahan yang sama, hingga akhirnya mimpi dan cita-citamu tercapai. Uhuy!

Nah, jadi apa sih tips supaya lolos tes CAT CPNS? tidak lain dan tidak bukan adalah BELAJAR. Percuma kalau kami bakar buku dan abunya di minum atau beli jimat puluhan juta kalau kamu nggak belajar, karena eh karena tes CAT pakai komputer dan entahlah makhluk kiriman dukunmu itu bisa komputer atau nggak. 

Nah kali ini aku mau kasih tahu apa saja yang sebaiknya kamu pelajari untuk menghadapi tes CPNS ya!

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
Dari 3 materi tes, TWK ini yang paling banyak materinya, huah sak ndayak abuh!Namanya tes wawasan kebangsaan ya kamu sebaiknya ngerti soal Indonesia mulai dari jaman bahelula pra sejarah hingga jam sekarang. Dan itu memang banyak banget.

BANYAK. BANGET.

Jadi jangan harap kamu bisa belajar TWK ini dengan sistem SKS atau sistem kebut semalam karena akan mumet. Saranku belajarlah sebulan sebelum tes, atau minimal 2 minggu sebelum tes lah ya. Apa saja yang perlu dipelajari? 4 pilar kebangsaan (NKRI, Bhineka Tunggal Ika, UUD, Pancasila), sejarah bangsa, bentuk pemerintahan. Nah usahakan kamu bisa menghafal UUD 1945, mulai dari sejarahnya, amandemennya kapan dan pasal berapa aja yang diamandemen serta isi pasal-pasalnya. Meski terdengar susah dan mustahil, tapi dengan mengahafal isi undang-undang dasar kamu akan sangat terbantu menjawab soal sebab biasanya uud ini buanyak buanget yang keluar. Cara supaya mudah menghafalnya adalah hafalin saja intinya, nggak usah kata perkata, yang penting kamu tahu inti pasal 1 tuh isinya apa, pasal 2 apa dan seterusnya.

Sejarah kebangsaan ini juga pelajari benar sejarah sekitar kemerdekaan dan bentuk pemerintahan Indonesia setelah kemerdekaan, misalnya kapan Republik Indonesia Serikat dibentuk, kenapa dibentuk dan sampai kapan RIS ada. Pelajari juga kabinet di era tahun 1950an karena saat itu kabinet Indonesia sangat mudah berganti, pelajari juga alasan pergantiannya.

Sumber materi : Wikipedia banyak! atau bisa juga baca buku Kewarganegaraan, download UUD dan baca buku pelajaran sejarah bangsa.


2. Tes Intelegensia Umum
TIU pada dasarnya ngetes logika jadi soalnya nggak jauh-jauh dari matematika logika, akronim, sinonim, pemahaman akan suatu bacaan. Solusi supaya bisa mengerjakan soal TIU adalah sebanyak-banyaknya latihan soal, supaya kamu terbiasa dengan model dan jenis soalnya. Pelajari juga soal yang cenderung membingungkan, misalnya soal tentang premis : Jika dan hanya jika... , jika dia ... maka... karena meski cenderung nampak mudah, soal tipe begini sering menghabiskan banyak waktu kita untuk sekedar memahaminya. Soal sinonim, antonim juga mengharuskan kita banyak berlatih dan membaca sehingga perbendaharaan kata kita banyak.

Sumber latihan soal : Buku tes CPNS, aplikasi di Play store/App store, download gratis di internet.

3. Tes Kepribadian
Tes ini adalah satu satunya yang susah dipelajari, karena yaaaa tesnya sesuai kepribadian kamu. Biasanya pertanyaannya mirip-mirip jadi kalau kamu jawabnya dibuat-buat ya nanti bisa ketahuan juga kalau nggak konsisten. Untuk soal ini juga nggak ada bener slaah, tapi poin mana paling tinggi dalam setiap opsi jawaban. 

Selain mempelajari tiga hal diatas ada satu hal lagi yang perlu dilakukan : Berdoa dan pasrah pada garis rencana Tuhan. Percayalah, meski kadang tak sesuai keinginan kita namun biasanya rencana Tuhan terbukti indah pada akhirnya. Tidak diterima PNS bukan akhir segalanya, dan jika diterima itu adalah kesempatanmu untuk menunjukkan sumbang sih dan baktimu pada negara. Selamat berusaha, semoga apapun hasilnya nanti kamu tetap bahagia!!

0 komentar:

Post a Comment

Feel free to ask anything, leave your comment. No SARA please :)