Di Balik Layar Chanel Youtube Kriwilife

Chanel Kriwilife

Berbagi itu mudah, apa sih sulitnya?
Oh well, sulitnya banyak. Apalagi jika kamu termasuk orang yang mempertimbangkan pendapat orang lain dan peduli akan pandangan orang terhadapmu. Kayak aku dulu.

Blog ini awalnya lahir karena aku mau berbagi rasa stressku menjelang pernikahan, lalu melebar ke skincare lalu akhirnya melebar ke dunia kesehatan, hingga akhirnya blog ini menjadi seperti sekarang. Menulis adalah salah satu hobiku, jadi bagiku menulis di blog ini sama saja dengan melatih skill tanpa ada beban apapun. Lagipula menulis adalah pekerjaan di balik layar, tak bersitatap muka langsung. Blog ini bisa saja hanya menjadi salah satu dari sekian banyak blog yang kamu singgahi kala iseng, lalu kamu tengok sesekali karena jatuh hati pada penulisnya tulisannya.

Ceritanya menjadi lain ketika aku mulai melirik youtube menjadi sarana berbagi. Berbagi melalui Youtube tentu harus dengan cara membuat video. Dan karena aku bukanlah seorang animator maka bisa dipastikan akulah yang akan muncul di video tersebut. Belum lagi skil edit video yang pas-pasan, membuatku tidak akan pernah bisa mengedit wajahku menjadi wajah Lisa Blekping yang terkenal itu. Parahnya lagi, ketertarikanku pada dunia Youtube terjadi menjelang aku resign dari pekerjaan. Segalanya menjadi dua kali lipat lebih rumit,

Apa hubungannya?
Hubungannya adalah aku takut pada pandangan dan penilaian orang terhadapku.

Aku takut orang berpikir aku hanya latah ikut-ikutan karena melihat banyak Youtuber sukses yang bisa memonetisasi chanelnya. Padahal sesungguhnya alasanku membuat chanel Youtube murni ingin berbagi karena sepertinya sekarang banyak yang lebih suka menonton video. Lebih lagi, bukankah mencontohkan posisi knee chest untuk mengatasi sungsang lebih enak di tonton daripada di baca? Tentunya saat chanel Kriwilife memenuhi syarat untuk memasang iklan, aku akan memasang iklan. Sebab, tahukah kamu kalau Google lebih suka merekomendasikan akun atau blog yang memasang google adsense daripada yang tidak? logis, karena Google juga mendapat pendapatan dari pihak yang memasang iklan di Google. FYI, aku pernah mematikan iklan di blog ini selama hampir 6 bulan sampai akhirnya aku mendapat email dari Google untuk memasangnya kembali. 

Tapi ketakutan terbesarku bukan itu, masih okelah kalau dianggap mau cari duit. Toh ini halal, aku nggak jadi baby sugar ( kayak ada yang mau ajaaaaa~) atau korupsi. Ketakutan terbesarku adalah:
aku takut dianggap sok-sokan main bidan-bidanan, nggak bisa move on dari dunia kebidanan padahal udah resign, depresi karena nggak kerja lagi atau parahnya dianggap kurang kerjaan. 
Ketakutanku itu, yang entah benar atau tidak membuatku maju-mundur cantiiiiik~ cantiiik~ membuat chanel Youtube. Sampai akhirnya aku membaca berita soal petisi yang melarang film Dua Garis Biru ditayangkan. Saat itu aku merasa "Indonesia Darurat Pendidikan Seks", saat itu tiba-tiba aku merasa aku harus bikin chanel Youtube yang kontennya tentang edukasi Kesehatan supaya info-info kesehatan yang beredar nggak melulu soal hoax. Saat itu aku merasa jahat karena memegang erat-erat ilmuku sendirian hanya karena aku takut pada penilaian orang, sementara di luar sana mungkin banyak orang yang membutuhkan informasi yang aku miliki. Kupikir-pikir faktanya aku memang nggak bisa move on dari dunia kebidanan. Di moment ketika aku mengucap sumpah profesiku dulu, saat itulah profesi ini melekat selamanya di diriku. Maka akhirnya kututup erat-erat telingaku, kumantapkan hatiku, dan lahirlah Chanel Youtube Kriwilife. 

Setelah beberapa kali mengupload video akhirnya ada juga video yang mencapai view diatas 1000, aku bahagia menyadari ilmuku masih bisa berguna. Meski mungkin videoku masih gitu-gitu aja, skil editnya masih gitu-gitu aja, namun aku janji aku akan terus belajar untuk membuat video yang lebih menarik dan mudah dipahami. Terima kasih untuk kalian yang telah mendukungku dengan menonton dan mensubscribe chanel Kriwilife, tanpamu aku hanyalah butiran debu yang dibayangi ketakutan-ketakutan absurd. Terima kasih juga bagi kalian yang sudah membaca tulisan-tulisan dalam blog ini, tanpamu apalah maknaku. Kalianlah penyemangatku, matahariku. Eaaaaaaaak~ aku jadi melow glow begini.

Akhir kata, 
Jangan pernah biarkan ketakutanmu menghambat langkahmu mengejar mimpi. Kebahagiaan terletak ditangan kita sendiri, bukan ditangan orang lain.

Silahkan main-main ke Youtube Kriwilife (Link ada disini) , subscribe dan share supaya semakin banyak yang tahu ya, siapa tahu ada orang lain di luar sana yangt membutuhkan info-info di chanel ini.

I love you!!

0 komentar:

Post a Comment

Feel free to ask anything, leave your comment. No SARA please :)