Pre Wedding story 1 : Skincare untuk Ibu Hamil


Berhubung tanggal pernikahan yang masih ngawang-awang, dan doa saya yang kenceng biar perhelatan akbar ini ditunda taun 2016 maka saya belum bisa menceritakan kehebohan yang sebenarnya dari persiapan menikah. Saya masih duduk manis ngemil coklat sambil baca buku, blas belom cari vendor apapun, paling lirik-lirik dikit desain undangan dan searching soal perias. Kalo soal perias memang saya ngebet cari yang bagus, njawani, manglingi dan awet hmmm.. walau belum kuat pakai bu Tinuk Rifky sih.. *pukpuk dompet*

Persiapan yang bakal saya bahas kali ini adalah soal skincare. Aneh ya? Nggak dong. Karena make up yang kece pas mantenan itu membutuhkan kulit yang sehat dan bercahaya. Jadi make upnya nempel dengan bagus. Gitu lho sayang..

Jaman dulu saya sempet pake krim gajebo, terus ke dokter, terus ke RS, terus akhirnya pake ponds,  alesannya sih males kalo kudu ke dokter, lebih enak beli skincare yang ada di toko atau apotek. Tiga tahun pake ponds kulit jadi cerah tapi kok makin kesini makin kering. Akhirnya beberapa bulan lalu saya memutuskan untuk mengubah skincare regime saya. Awalnya dari gegosipan di bilik rumpi soal skincare dari cara pemakaian yang benar sampai skincare apa aja yang perlu di pake. Kita mengacu pada ritualnya Mbak Hiron yang panjang banget, nah otomatis saya akhirnya perlu menambah beberapa item karena sebelumnya skincare saya itu rada standar.

Berhubung ada wacana menikah, saya langsung mikir sekalian aja deh cari skincare yang aman buat ibu hamil toh kelak saya bakal bikin anak trus hamil. Kejauhan ya mikirnya? Nggak papa dong, sebagai bidan yang berilmu dan sedikit mesum saya kudu berpikiran jauh kedepan dan wajib memberikan yang terbaik untuk si buah hati. Halah.

Baiklah, disini saya nggak akan membahas nama-nama skincare yang boleh dipakai atau nggak, saya akan membahas kandungan skincare apa saja yang sebaiknya di hindari oleh ibu hamil dan menyusui kecuali kalo yang disusui suaminya.

US FDA Pharmaceutical Pregnancy Category mengkategorikan bahan menjadi 5 kategori yaitu :
  • Kategori A : Terbukti aman untuk ibu hamil.
  • Kategori B : Terbukti aman pada hewan coba, tapi belum ada uji klinik pada bumil ATAU pada hewan coba terbukti memberikan efek samping namun pada bumil tidak. 
  • Kategori C : Pada hewan coba menunjukan ada efek samping, namun belum ada uji klinik pada bumil.
  • Kategori D : Positif memberikan efek samping pada bumil namun masih bisa digunakan bila bumil memerlukan pengobatan tersebut.
  • Kategori X : Studi pada hewan dan bumil menunjukan obat ini menyebabkan abnormalitas pada janin. 
  • Kategori N : Obat yang belom dikategorikan. 
Nah dari lima kategori diatas, bumil sebaiknya memakai bahan obat dengan kategori A atau B dan menghindari kategori X. Sementara kategori C dan D masih boleh digunakan dengan pengawasan ketat dari dokter. Nah kalau kategori N? Silahkan sih kalau mau dicoba, tapi saya sih.. ndak deh. Buat anak kok coba-coba. *iklan*
Lalu apa saja kah contoh bahan dengan kategori X ? Here we go..

1. Retinoids
Hayoo siapa yang suka pake antiejing? Retinoids yang merupakan turunan dari vitamin A ini biasanya banyak terdapat di skincare untuk anti aging atau obat jerewi. Yah soalnya si retinoids ini konon bisa menyamarkan kerutan, mencerahkan kulit dan mempercepat pertumbuhan sel-sel baru. Wuih keren kan! Tapi sayangnya retinoids ini berbahaya untuk janin. Jadi tolong di hindari ya ibu-ibu..
On the label : differin (adapetene), Retin-A, Renova (tretionin), Retinoic Acid, Retinol, Retynil linolate, Retynil palmitate, Tazorac and avage (Tazarotere).

2. Salycylic Acid
Salycylic Acid atau dikenal dengan asam salisilat merupakan keluarga aspirin jadi tentu saja dia merupakan anti inflamasi dan bisa mengurangi redness. Asam salisilat biasanya ada di toner, atau cleansing, entah itu milk cleansing ataupun foam.  Gunanya sih bagus, buat mengurangi minyak, membersihkan dan meringkas pori, serta mengangkat sel kulit mati. Biasanya kalo pada peeling pakai keluarga acid acidan ini. Pas tau asam salisilat termasuk yang gak boleh dipakai bumil saya langsung ceki-ceki cleansing dan toner saya, ternyata di sabun muka ada! PR deh cari sabun muka baru T.T Tapi tenang saja, masih ada keluarga acid yang aman untuk bumil yaitu Alpha Hydroxy Acid atau AHA, glycolic acid, dan lactic acid.
On the label : Salicylic Acid, Beta hydroxy acid, BHA.

3. Soy a.k.a kedelai
Aaah pas tau soy gak boleh saya langsung galau! Pasalnya saya lagi ngincer inisfree soybean energi essence yang di iklanin sama Lee min ho. Hidih! Sebenernya kedelai itu bagus, cuma konon kedelai memiliki efek estrogenic sehingga dia akan memperparah cloasma dan molasma pada bumil. Apa itu cloasma dan molasma? Itu lho flek hitam pada ibu hamil. Gitu aja gak mudeng. Hih. *dikeplak*

4. Segala macam obat jerewi.
Ibu hamil biasanya mukanya agak berjerawat, apalagi kalo trimester satu. Aduuuh perubahan hormon memang nggak selamanya menyenangkan, tapi ibu hamil wajib hati-hati karena sebagian besar obat jerawat di muka bumi ini mengandung retinoids. Jadi harap ceki-ceki ulang ya kalo mau pakai obat jerewi.

5. Hidroquinon.
Akhir-akhir ini produk pemutih dengan Hq alias merkuri memang lagi ngehits, terutama krim gajebo diluar sana. Terang aja ngehits, krim bermerkuri biasanya bisa mengecilkan pori dan memutihkan wajah sampai belang sama leher kayak kue lapis. Tapi mercuri jelas berbahaya bagi tubuh, wong gak hamil aja bahaya kok apalagi kalo hamil.

6. Dihidroksiaseton, paraben, ftalat,
metilbenzena, formaldehida, fenilendiamin dan oksibenzona.
Hayoo siapa yang belom pernah baca tulisan paraben? Paraben hampir selalu ada di setiap produk kecantikan, soalnya paraben ini adalah sejenis pengawet. Nah nama nama diatas adalah beberapa bahan yang menurut wacana nggak aman buat ibu hamil TAPI bahan diatas menurut FDA masih aman digunakan atau belum ada penelitian yang pasti soal keamanan bahan tersebut. Nah, kalo yang ini silahkan menurut hati nurani masing -masing aja mau make atau enggak.

Okeh sekian cerita hari ini, mungkin ya ada yang nggak ngerti kenapa saya susah payah nyari skinker dari sekarang sementara hamilnya masih 2 taun lagi *Amin*. Sebenernya sih karena saya MALES kalo besok kudu mikir lagi, percayalah ganti skinker regime yang nggak pake purging, langsung cocok, langsung ngefek, pas di kantong itu susahnya naujubilah. Nah daripada besok saya mikir lagi, mending saya mikir sekarang. Hahahaha

Terakhir , hidup ini adalah pilihan. Saya nggak maksa situ buat peduli sama skincarenya juga. Ada orang yang pas hamil langsung stop berhenti nggak pake skinker, cuma bedakan doang. Ada orang yang ribet kayak saya, yang sampe juling bacain ingredients di kemasan skinker. Ada juga yang sebodo mau pake apa, toh si anu pas hamil pake ini itu juga bayinya sehat. Jadi pada akhirnya keputusan tetap ada ditangan masing-masing ya :)

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat. See you in my next post!

0 komentar:

Post a Comment

Feel free to ask anything, leave your comment. No SARA please :)